Perangkat Komputer yang Harus Dilengkapi

perangkat komputer

Contohnya Kalau berperang  kita harus menyediakan senjata kita, pedang, tombak, pistol, AK-47 dan lain sebgainya. Begitu juga dengan perangkat komputer ibarat senjata tersebut kalau tidak ada maka tidak akan berjalan dengan baik.

1.       CPU media/alat memproses data
2.       Monitor media/alat menampilkan hasil olahan dari CPU
3.       Keyboard media/alat mengetik
4.       Mouse media/alat mengklik
Perangkat-perangkat tersebut harus ada kalau tidak ada kita sama dengan berperang tanpa bawa senjata,  kita akan mati kegiatan atau tidak bisa melakukan apa-apa. Namun disamping perangkat-perang tersebut masih banyak perangkat pendukung agar kita lebih optimal dalam menggunakan computer atau dalam istilah perang adalah senjata penakluk musuh seperti tank, pesawat tempur, bom , senjata kimia atau nuklir. Adapun perangkat pendukung tersbut diantaranya
1.     Printer media/alat mencetak
2.     Speaker media/alat mengeluarkan suara
3.     Stabilizer media/alat menstabilkan arus yang masuk
4.     UPS media/alat penyimpan arus cadangan
5.     Mikrophone media/alat memasukkan suara ke computer
6.     Screen media/alat ditampilkan gambar atau data
7.     In Focus media/alat menampilkan gambar ke screen
8.     Headset media/alat mendengarkan ke telinga
9.     Bluetooth media/alat transfer data dari computer ke HP dan sebaliknya
10.   Flashdish media/alat transfer data antar komputer
11.   Cooler media/alat mendinginkan processor
12.   Modem media/alat menyambung ke internet
13.   Camera media/alat menangkap gambar
14.   Joy Stick media/alat bermain game dari komputer
15.   Dll

Tentu teman-teman bertanya-tanya Mengapa kita harus belajar Komputer?
              Kalau kita bertanya kenapa kita harus belajar komputer? Kita harusnya bertanya juga kenapa kita dilahirkan di zaman komputer? Sebab kalau kita dilahirkan di zaman batu mau tidak mau kita harus belajar menjadikan batu sebagai satu-satunya alat penunjang kehidupan, misalnya untuk memotong kayu, sebagai senjata berburu ataupun untuk membuat api harus dengan batu. Lain halnya kalau kita dilahirkan di zaman anti gravitasi, mau tidak mau kita harus belajar mengendarai sepeda motor terbang, papan seluncur terbang, atau sepatu anti gravitasi, jadi kita bisa berjalan tanpa menyentuh tanah, itu semua harus kita pelajari kalau kita hidup di zaman itu, karena zaman menuntut kita harus mempelajarinya kalau kita mau eksis, begitu juga di zaman ini, karena di zaman ini komputer begitu mendominasi dan hampir semua pekerjaan manusia saat ini di bantu oleh komputer, jadi mau tak mau kita harus belajar komputer kalau kita ingin eksis di zaman ini, sebab kalau kita tidak mempelajarinya kita akan digilas zaman itu sendiri.
          Bagaimana caranya kita mempelajarinya? mungkin pertanyaan seperti ini kurang tepat lagi ditanyakan, karena sejak di bangku sekolah mulai dari SMP sampai perguruan tinggi sudah diajarkan bahkan ada sekolah Dasar yang sudah mengajarkan mata pelajaran komputer ini.
Sekarang yang seharusnya ditanya adalah kita, apakah dengan belajar di bangku sekolah tersebut kita sudah cukup menguasai komputer? saya yakin jawabannya pasti berbeda, mulai dari belum, sedikit, sebagian, atau mungkin ada istilah masih sekantong, artinya ilmu yang didapat masih satu kantong baju banyaknya dari semua kantong baju dan celananya dan mungkin belum ada yang berani menjawab dengan belajar di bangku sekolah sudah bisa jadi ahli komputer.
        Kenapa ya masih ada yang belum bisa sama sekali menjalankan komputer padahal sudah diajarkan bertahun-tahun? Kemungkinannya banyak sekali, yang pertama adalah karena sekolah tidak bisa menyediakan komputer yang cukup untuk praktek siswanya, mungkin komputer yang bisa dipakai 1 komputer untuk 2 orang, 3 orang bahkan 4 orang. Yang kedua waktu yang terbatas dengan memberikan waktu 2 jam pelajaran sangat tidak memungkinkan siswa untuk bisa menguasai teori dan prakteknya sekaligus. Jadi yang menyebabkan seorang siswa yang sudah tamat SMA tidak bisa sama sekali menjalankan komputer karena faktor keterbatasan tersebut ditambah faktor si anak yang lebih suka menonton kawannya atau lebih suka bermain-main  dari pada belajar komputer.
           Terus muncul pertanyaan baru, bagaimana caranya menguasai komputer dengan keterbatasan-keterbatasan tersebut? Ada tiga cara yang bisa dilakukan,
1.       Melanjutkan ke bangku kuliah dengan mengambil jurusan komputer
2.       Mengikuti kursus komputer
3.       Belajar sendiri (Otodidak)

Kalau cara pertama dan kedua tidak memungkinkan untuk kita lakukan karena alasan tertentu mengingat kita ingin kuliah di jurusan favorit kita yang bukan komputer dan kita juga tidak punya waktu untuk kursus karena alasan tertentu, mungkin karena waktu ataupun menekan biaya maka cara ketigalah yang harus kita lakukan agar kita masih bisa menguasai komputer. Apalagi  bagi yang tidak melanjutkan kuliah karena alasan tertentu sebut saja misalnya karena kurang dana atau tidak mendapat izin dari orangtua untuk melanjutkan diluar daerah,  belajar komputer cara yang ketigalah yang paling cocok dilakukan.
            Terus muncul pertanyaan besar, bagaimana kita mau belajar otodidak sedangkan belajar pakai gurupun kita tidak bisa? Belajar otodidak karena kemauan kita, dibanding belajar pake guru karena kita diharuskan mempelajarinya ternyata jauh lebih efektif asalkan kita memiliki waktu dan fasilitas yang cukup untuk itu.
         Darimana kita mendapatkan bahan atau materi yang kita pelajari? Ada dua cara :  yang pertama, dengan buku, yang kedua dengan internet, karena sekarang semua ilmu sudah di serap oleh si paman google, tinggal kita pandai-pandai memintanya. Belajar otodidak apapun pasti ada bahannya.
       Terus muncul pertanyaan menjengkelkan, apa ruginya kalau kita tidak menguasai komputer? Jelas rugi, karena kita harus minta tolong kepada orang lain untuk melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan komputer yang hampir semua sudah menggunakan komputer, yang pasti kita akan ketinggalan zaman kalau kita tidak mempelajari komputer, atau akan digilas zaman itu sendiri, dengan mengembalikan kita ke peradaban yang lama.
          Pertanyaan yang paling bagus adalah kalau kita belajar otodidak lewat internet bagaimana cara mudahnya mencari bahan tanpa kita susah-susah meminta sama paman google yang belum tentu diberikan, malah yang “lain-lain” yang dimunculkannya?
Cara mudahnya ya dengan mengikuti terus situs ini, dengan mengklik hal-hal yang menarik lainnya yang berkaitan dengan computer yang ada di situs ini karena situs ini akan memandu anda untuk mempelajari computer dengan cara otodidak, adapun kelebihan situs ini adalah situs ini dilengkapi dengan video tutorial yang bisa kita download, kita tonton dan praktekkan..
Previous
Next Post »
Thanks for your comment