Pengertian Sistem Operasi Komputer Lengkap

pengertian sistem Operasi
Sistem Operasi

Pengertian sistem operasi kompter sebenarnya sudah banyak atau sering kali dibahas oleh pakar-pakar komputer baik secara online maupun secara tertulis, akan tetapi pengertian sistem operasi komputer tersebut hanyalah sekilas saja, jika anda membutuhkan pengertian yang lebih lengkap mengenai pengertian sistem operasi, maka anda bisa membaca tulisan ini untuk bahan referensi anda. biasa anda jadikan sebagai makalah sistem operasi maupun hanya tugas komputer saja. Baiklah kita bahas tanpa panjang lebar, mari kita KOPAS pengertiannya secara lengkap dan detail.

Pengertian Sistem Operasi Komputer
Sistem Operasi Merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer atau yang dalam bahasa kerennya di sebut dengan hardware. Sebelum adanya sistem operasi, orang hanya menggunaka komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing untuk memahami sistem operasi sebaiknaya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri

Berbeda lagi pengertian sitem operasi menurut Om Wikipedia adalah Software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer pada saat dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu.

Sitem Operasi juga dalam bahasa kerennya disebut dengan Operating System atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-opersai dasar sitem, termasuk menjalakan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser.

Bagian Dari Sistem Operasi Komputer
Secara Umum sistem operasi dibagiu menjadi 5 bagian yaitu:
1. Mekanisme boot, yaitu meletakkan kemel kedalam memory kemel dapat dikatan sebagai inti dari sitem operasi.
2. Commad Interpreter atau shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi atau program maupun perangkat lunak lain. contoh dan shell adalah Commend Prompt pada windows 7 atau Windows XP (DOS pada windows 98), xterm dan konsole dimesin linux (unik).
3. Resorce Allocator, sistem operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
4. Handler adalah berperan dalam mengedalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.

Fungsi Sistem Operasi adalah sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunyai akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Perbedaan Sinyal analog dengan Sinyal digital
Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombangnya. sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinyu (continous varying) sedangkan 
Sinyal digital adalah hasil teknologi yang dapat mengubah signal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 atau juga dengan biner, sehinggga tidak mudah terpengaruh oleh derau, proses informasinya pun mudah cepat dan akurat, tetapi transmisi dengan isyarat digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data relatif dekat.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment