Cara Optimisasi SEO diblog mesin Pencari nomor satu

Optimisasi Mesin Pencari Google (SEO)
http://www.ilmudasarkomputer.ga/2016/06/cara-optimisasi-seo-diblog-mesin.html

Teknik Belajar SEO | Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik pengunjung melalui pencari di google menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari Search Engine Optimization (SEO) adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung yang lebih baik.
Untuk itu sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, usaha, ataupun bagian yang lain, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian dan  akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet supaya banyak yang mengunjungin usaha tersebut.

Pada dasarnya ada seorang ahli yang menemukan istilah SEO,  menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization (SEO) pertama kali digunakan pada Tanggal 26 juli 1997 oleh sebuah pesan Spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma mesin pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode HTML situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relavan dan berkualitas supaya cepat ditemukan dimesin pencari google.

Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo atau DMOZ dan dapat bernilai lebih tinggi dari pada kombinasi nilai link dari seratus situs web yang berkualitas rendah.

Dalam backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan sebuah yang namanya Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. Page Rank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi Webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian Google.

Webmaster dan Mesi Pencari

Pada tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa webmaster (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil pencarian google, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta tag" yang tidak relevan dan tak berkualitas.

Sekalipun, dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka kadang-kadang memiliki kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO. Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada event-event rutin yang diselenggarakan komunitas Search Engine Optimization (SEO).

Dalam bagian mesin pencari besar seperti google dan Yahoo. karena menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi webmaster tool atau (anda harus mempunyai akun di Google, guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML  standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program site explorer (juga harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, Untuk mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala cara yang digunakan.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment