Optimisasi Mesin Pencari Google (SEO)
Teknik Belajar SEO | Search
Engine Optimization, biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang
dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan
kualitas trafik pengunjung melalui pencari di google menuju situs
web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin
pencari tersebut. Tujuan dari Search Engine Optimization (SEO) adalah
menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman
pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.
Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian
memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung yang lebih baik.
Untuk itu sejalan
dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis,
usaha, ataupun bagian yang lain, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat.
Berada pada posisi teratas hasil pencarian dan akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan
pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Peluang
ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari
bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet supaya banyak
yang mengunjungin usaha tersebut.
Pada
dasarnya ada seorang ahli yang menemukan istilah SEO, menurut Danny Sullivan, istilah search
engine optimization (SEO) pertama kali digunakan pada Tanggal 26 juli 1997 oleh
sebuah pesan Spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin
pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal
algoritma mesin pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan
oleh webmaster melalui meta tag
pada kode HTML situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten
yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang
tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari
salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil
pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari
maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relavan dan
berkualitas supaya cepat ditemukan dimesin pencari google.
Berdasarkan
prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang
memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman
web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang
mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari
situs berkualitas tinggi seperti Yahoo atau DMOZ dan dapat bernilai lebih
tinggi dari pada kombinasi nilai link dari seratus situs web yang berkualitas
rendah.
Dalam backrub
hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan sebuah yang
namanya Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam
waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna
internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak
dimanipulasi), cepat, dan relevan. Page Rank lantas menjadi standar baik bagi
mesin pencari lain maupun bagi Webmaster yang berusaha agar situs webnya
memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi
pada hasil pencarian Google.
Webmaster dan Mesi Pencari
Pada tahun
1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa webmaster (pengelola
website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil
pencarian google, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari
generasi pertama, melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah
manipulasi dengan "meta tag" yang tidak relevan dan tak berkualitas.
Sekalipun,
dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari nilai ekonomi yang besar dari
peringkat hasil pencarian, dan mereka kadang-kadang memiliki kepentingan
terselubung dari aktivitas perusahaan SEO. Beberapa perusahaan mesin pencari
mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada event-event rutin yang
diselenggarakan komunitas Search Engine Optimization (SEO).
Dalam bagian
mesin pencari besar seperti google dan Yahoo. karena menyediakan program
dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks
dengan baik. Google menyediakan aplikasi webmaster tool atau (anda harus
mempunyai akun di Google, guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar
mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program site explorer (juga harus
login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster
mendaftarkan URL situs, Untuk mengecek jumlah halaman web mereka yang telah
terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian
mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan
segala cara yang digunakan.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon